Dosen FEBI UIN SUNA Lhokseumawe Mengisi Acara di RRI Lhokseumawe Guna Mendukung UMKM Lokal dalam Mengembangkan Bisnis
Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sultanah Nahrasiyah Lhokseumawe Mengisi acara di RRI Lhokseumawe guna mendukung UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) lokal dalam mengembangkan bisnisnya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan literasi para pelaku UMKM terhadap perkembangan bisnis UMKM yang berbasis digital guna memperluas pasar dan mampu bersaing di era Digitalisasi.
Narasumber pada acara RRI Mozaik Indonesia mengenai Ekonomi Digital merupakan Ibu Asra, S.Sy., M.Ag selaku dosen Ekonomi Syariah UIN Sultanah Nahrasiyah Lhokseumawe. Ibu Asra mengusung tema terkait "UMKM Digital Perkuat Ekonomi Masyarakat". Acara ini dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2025 melalui Radio Pro 1 Fm 89,3 dan Live YouTube RRI Lhokseumawe. Sesi berlangsung secara interaktif, diawali dengan pemaparan materi UMKM Digital disusul dengan diskusi dan tanya jawab.
Materi berfokus pada UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) berbasis digital, dimana pelaku usaha yang memanfaatkan teknologi digital untuk menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. Digitalisasi UMKM melibatkan penggunaan internet, perangkat lunak, perangkat keras, dan platform digital lainnya untuk berbagai aspek operasional dan manajemen. Tujuan utamanya adalah meningkatkan efisiensi, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan daya saing UMKM. Manfaat Digitalisasi UMKM bisa dirasakan oleh masyarakat termasuk pelaku UMKM.
Dalam materinya ibu Asra juga menyampaikan Strategi Digitalisasi UMKM dengan Memanfaatkan Media Sosial seperti Instagram, Tiktok dan Facebook untuk pemasaran, membangun merek, dan berinteraksi dengan pelanggan, Menjual produk secara online melalui website atau platform e_commerce, menggunakan metode pembayaran digital seperti transfer bank, dompet digital, atau QRIS. Menjaga kualitas produk dan memberikan layanan yang baik, dan terus beradaptasi terhadap teknologi digital dan berinonasi mengikuti tren masyarakat yang terus berkembang. hal ini dilakukan agar usaha UMKM bisa terus berkembang mengikuti perkembangan zaman dan terus bertahan di era gempuran banyaknya persaingan usaha.
Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan literasi kepada masyarakat dan pelaku usaha terkait ekonomi digital khususnya UMKM berbasis digital guna meningkatkan ekonomi masyarakat.